Langsung ke konten utama

Cara Membangun Kerjasama Dengan Tim


Bekerja dalam tim merupakan tantangan tersendiri bagi para pegawai. Alasannya, mereka harus melepas ego untuk bekerja dalam satu tim.

Idealnya, dalam satu tim, tiap-tiap orang saling pengertian dan menghormati serta tidak memaksakan opini atau ketegangan yang tidak perlu. Namun, faktanya di lapangan sebagian orang tidak sadar bahwa dirinya narsis serta sebagian lainnya bersembunyi di balik kulit yang tertutup.

Nah bagi Anda yang berusaha membangun kerjasama dngan anggota tim, berikut adalah tips sederhana dari yang dikutip dari Jobstreet.com, Sabtu (1/7/2017) tentang membangun kerjasama dengan tim di tempat kerja:

Jangan bersikap stereotip

Hal yang lumrah bila seseorang berkumpul sesuai dengan jenis kepribadian mereka. Tiap individu melihat hal-hal dari suatu sudut pandang yang telah dibentuk oleh pendidikan, pengetahuan, dna pengalaman pribadi. Oleh sebab itu bersikap waspada akan hal ini membantu Anda mendapatkan pendekatan yang lebih berempati dalam penyelesaian masalah. Bersikap stereotip dapat membawa kita kepada asumsi yang keliru tentang maksud dan motivasi seseorang yang hanya menambah ketegangan.

Tempatkan diri dalam posisi mereka

Mungkin sulit menempatkan diri sendiri dalam posisi mereka, akan tetapi empati dan belas kasihan seringkali lebih efektif daripada konfrontasi. Selalu ada sebuah alasan di balik kepercayaan dan perbuatan kita. Mungkin Anda hanya perlu memahami alasan mereka. Mereka boleh jadi tidak pandai mengekspresikan diri mereka. Jika hal ini merupakan masalahnya, Anda akan perlu untuk menyelidiki lebih dalam dengan menanyakan pertanyaan yang tepat, daripada sekedar menyimpulkan maksud mereka.

Carilah pendapat dari orang ketiga

Jika Anda menemui kebuntuan dengan seseorang dan tidak dapat menemukan solusi damai walaupun sudah berusaha sebaik-baiknya, carilah rekan kerja yang lain untuk menimbang-nimbang situasi ini. Suatu sudut pandang yang tidak bias dapat membantu meletakkan hal-hal dalam sudut pandang yang benar. Datangilah seseorang yang Anda berdua hormati yang mampu untuk tetap objektif akan masalah tersebut.

Berkompromilah ketika perlu

Pertahankanlah sudut pandang Anda, akan tetapi bersikaplah terbuka akan kompromi jika perlu. Anda tidak perlu menjadi keset pintu untuk bersama dengan rekan kerja Anda. Hal ini berarti bahwa terkadang kompromi harus dilakukan agar semua dapat berjalan.

Fokus pada kesamaan yang Anda miliki

Anda mungkin memiliki pendekatan yang sangat berbeda dalam bekerja atau menjalani gaya hidup yang berlawanan. Namun mungkin saja ada sesuatu yang Anda berdua sepakati atau berbagi minat yang sama. Mungkin saja dalam hal selera film atau kesukaan akan binatang. Temukan kesamaan tersebut dan fokus pada hal ini sebagai titik awal untuk membangun kerjasama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Cari Informasi Rumah Murah Paling Tepat

Kini, banyak info rumah dijual di Medan atau rumah subsidi dengan harga terjangkau. Di tambah ada fasilitas kredit yang mudah dan cicilan ringan. Zaman sudah semakin canggih dan peredaran informasi begitu cepat, namun hingga kini masih banyak orang yang kerap kali tertinggal informasi seputar rumah dijual murah. Padahal saluran-saluran tentang informasi ini banyak tersedia. Memang tidak bisa dipungkiri, proses sosialisasi penjualan rumah dengan harga terjangkau tidak begitu gencar layaknya perumahan atau apartemen kelas atas yang miliki harga “selangit”. Tetapi ini bukan alasan untuk sulit mencari informasi terkait rumah murah ataupun rumah subsidi.
Ada banyak cara dan banyak tempat yang bisa digunakan untuk mendapatkan info mengenai perumahan yang dijual murah. Coba saja tip berikut ini:
Rajin-rajinlah ikut pameran properti Dari data yang ada, kebutuhan akan properti berbanding lurus dengan keinginan seseorang untuk miliki tempat tinggal. Angkanya terus meningkat dari hari ke hari. Tida…

Cara Mengontrol Belanja Buka Puasa dari Gaji & Pinjaman Dana Tunai

Masih sering merasa kesulitan mengontrol belanja buka puasa meski uang gaji bulanan sudah ditambah dengan pinjaman dana tunai? Hati-hati! Bisa jadi Anda terbiasa hidup konsumtif dan tanpa sadar telah menjadi seorang shopaholic. Kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan finansial Anda. Oleh karena itu, coba terapkan cara-cara berikut untuk mengontrolnya. Buka Puasa dengan Menu SederhanaIngin menu buka puasa yang berbeda dengan makan malam di hari biasa merupakan hal yang sangat lumrah. Tapi, akan lebih baik jika Anda ikhlas dengan menu biasa. Karena, bukan hanya bujet buka puasa yang terkontrol, tapi juga kemampuan Anda dalam mengendalikan hawa nafsu sehingga bisa meningkatkan kualitas ibadah Anda di bulan puasa. Jadi, kalau sudah ada daging ayam, Anda tidak perlu memasukkan anggaran untuk beli daging sapi atau ikan. Kalaupun ingin, cukup sesekali saat Anda belum beli daging ayam, ikan, tempe, atau lauk pauk lainnya yang bisa dijadikan sumber protein. Lagipula, menu makanan utama saat berb…

Bijak Dalam Memilih Peminjaman Dana Cepat

Produk pinjaman yang saat ini sedang naik daun dan ramai dibicarakan masyarakat adalah pinjaman online yang disebut sebagai pinjaman dana menguntungkan dibanding bank. Namun apakah pinjaman yang bisa didapatkan melalui online ini lebih terpercaya dibandingkan produk pinjaman lain yang ditawarkan berbagai kreditur seperti KTA ? Manakah produk pinjaman yang akan Anda pilih sebagai solusi masalah keuangan ?  Untuk lebih memahami pengertian produk pinjaman berupa pinjaman online dan KTA ini Anda perlu mengenal masing-masing secara detail.

Pinjaman OnlineTingginya sebuah permintaan (demand) pada saat ini membuat produk pinjaman semakin bervariasi. Fasilitas peminjaman ini tidak hanya bisa didapatkan melalui bank atau lembaga saja namun juga peminjaman secara online. Pinjaman online ini merupakan produk pinjaman yang ditawarkan melalui sebuah website dengan via internet atau online.. Prosedurnya hampir sama dengan prosedur pinjaman bank lainnya yaitu nasabah mengajukan sebuah pinjaman pada …