Langsung ke konten utama

Cara Mencegah Anak Hilang


Banyak pengunjung yang memilih untuk menghabiskan hari libur ke tempat rekreasi hingga pusat belanja. Tak heran bila jumlah pengunjung meningkat sehingga orangtua perlu lebih hati-hati untuk menjaga buah hati agar tak lepas dari pengawasan.

Berikut tips untuk mempersiapkan sebelum bepergian dengan anak agar anak tak hilang di tempat umum .

1. Pilihlah pakaian anak yang berwarna cerah
Carilah atasan, topi, celana, rok hingga tas dengan warna cerah agar anak mudah terlihat di kerumunan. Warna neon seperti hijau, biru torquise, kuning juga pink stabilo bisa menjadi pilihan daripada warna seperti warna yang umum dipilih seperti biru muda dan putih. Pakaikan warna atribut yang senada pada kakak dan adik agar Anda lebih mudah mengingatnya.

2. Persiapkan skenario 'jika' dengan anak-anak sebelum meninggalkan rumah.
Sebelum sampai di tempat tujuan, pastikan Anda telah mendiskusikan dengan anak apa yang harus dilakukan bila terpisah dengan anggota keluarga. Ajarkan anak untuk menemui polisi dan petugas keamanan ketika terpisah dari keluarga di tempat umum. Selain itu, tetapkan titik bertemu bila anak sudah bisa membedakan titik tertentu seperti bangunan atau ruang. Namun, bagi anak di bawah 8 tahun, ajarkan agar tetap berada di tempat pertama ketika terpisah dengan keluarga.

3. Simpan foto anak di ponsel atau kamera.
Menyimpan foto anak di ponsel atau kamera bisa membantu Anda menjelaskan ciri-ciri anak bila terpisah dengan anak di tempat umum. Akan lebih baik bila Anda menyimpan foto terbaru ketika sebelum meninggalkan rumah. Tujuannya, bila anak terpisah, Anda akan lebih mudah mencari dan menceritakan ciri-ciri anak sesuai dengan keadaan sebelum Anda dan anak terpisah.

4. Minta salah seorang dewasa untuk mengawasi anak.
Bila Anda bepergian dalam jumlah besar, lebih baik meminta orang dewasa lainnya untuk turut mengawasi anak. Hal ini bertujuan agar terdapat beberapa orang yang mengawasi anak. Baik Anda maupun orang dewasa yang Anda percayai harus turut menjaga anak di tempat umum, sehingga bila anak hilang, keduanya tak saling melempar kesalahan atau melimpahkan kesalahan ke salah satu pihak.

5. Berbagi nomor ponsel dengan anak.
Dalam hal keadaan darurat, Anda harus memastikan bahwa anak bisa tetap terhubung bila terpisah dari pengawasan. Tulislah nomor ponsel Anda di secarik kertas, buku, papan, label atau gantungan kunci khusus sehingga anak lebih mudah ditemukan bila hilang. Pastikan anak juga mengetahui bahwa ketika terpisah, mintalah orang dewasa lain untuk menghubungi ke nomor ponsel tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Cari Informasi Rumah Murah Paling Tepat

Kini, banyak info rumah dijual di Medan atau rumah subsidi dengan harga terjangkau. Di tambah ada fasilitas kredit yang mudah dan cicilan ringan. Zaman sudah semakin canggih dan peredaran informasi begitu cepat, namun hingga kini masih banyak orang yang kerap kali tertinggal informasi seputar rumah dijual murah. Padahal saluran-saluran tentang informasi ini banyak tersedia. Memang tidak bisa dipungkiri, proses sosialisasi penjualan rumah dengan harga terjangkau tidak begitu gencar layaknya perumahan atau apartemen kelas atas yang miliki harga “selangit”. Tetapi ini bukan alasan untuk sulit mencari informasi terkait rumah murah ataupun rumah subsidi.
Ada banyak cara dan banyak tempat yang bisa digunakan untuk mendapatkan info mengenai perumahan yang dijual murah. Coba saja tip berikut ini:
Rajin-rajinlah ikut pameran properti Dari data yang ada, kebutuhan akan properti berbanding lurus dengan keinginan seseorang untuk miliki tempat tinggal. Angkanya terus meningkat dari hari ke hari. Tida…

Begini Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

Ingin tahu bagaimana cara menaikkan limit kartu kredit? Apapun kartu kredit yang Anda pakai, apakah itu kartu kredit Bukopin, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, Danamon, BCA, BRI, atau bank lainnya. Ya kebutuhan untuk menaikkan limit kartu kredit itu begitu terasa saat misalnya Anda tengah berbelanja, kemudian waktu mau melakukan pembayaran dengan kartu kredit ternyata limitnya sudah melebihi. Pasti menjengkelkan kan? Padahal dengan limit kartu kredit yang bertambah, bukan saja Anda bisa lebih leluasa saat mau melakukan pembayaran, tapi bisa juga mendapatkan keuntungan lain sepertii rewards kartu kredit yang lebih banyak dan bunga kartu kredit yang lebih rendah. Lalu, bagaimana cara menaikkan limit kartu kredit? Yang perlu Anda lakukan hanyalah ambil telepon dan kemudian hubungi pihak penerbit kartu kredit. Minta mereka untuk menaikkan limit kartu kredit Anda. Asalkan Anda tergolong pengguna kartu kredit yang punya reputasi baik, maka penerbit kartu kredit pun akan dengan segera mengabulkannya. T…

Cara Mengontrol Belanja Buka Puasa dari Gaji & Pinjaman Dana Tunai

Masih sering merasa kesulitan mengontrol belanja buka puasa meski uang gaji bulanan sudah ditambah dengan pinjaman dana tunai? Hati-hati! Bisa jadi Anda terbiasa hidup konsumtif dan tanpa sadar telah menjadi seorang shopaholic. Kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan finansial Anda. Oleh karena itu, coba terapkan cara-cara berikut untuk mengontrolnya. Buka Puasa dengan Menu SederhanaIngin menu buka puasa yang berbeda dengan makan malam di hari biasa merupakan hal yang sangat lumrah. Tapi, akan lebih baik jika Anda ikhlas dengan menu biasa. Karena, bukan hanya bujet buka puasa yang terkontrol, tapi juga kemampuan Anda dalam mengendalikan hawa nafsu sehingga bisa meningkatkan kualitas ibadah Anda di bulan puasa. Jadi, kalau sudah ada daging ayam, Anda tidak perlu memasukkan anggaran untuk beli daging sapi atau ikan. Kalaupun ingin, cukup sesekali saat Anda belum beli daging ayam, ikan, tempe, atau lauk pauk lainnya yang bisa dijadikan sumber protein. Lagipula, menu makanan utama saat berb…