Langsung ke konten utama

5 Cara Ampuh Meningkatkan Kualitas Udara di Rumah


Pemanasan global yang terjadi di seluruh dunia membuat iklim atau cuaca jadi tidak menentu. Khususnya di indonesia sendiri, saat musim kemarau suhu akan meningkat menjadi sangat panas bahkan di beberapa daerah suhu naik hingga mencapai 42 derajat. Sedangkan saat di musim hujan bukannya udara dingin malah biasa aja. Iklim atau kondisi udara yang tidak menentu ini membuat kualitas udara yang ada di rumah kita ikut tak menentu. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara meningkatkan kualitas udara di rumah Anda agar bisa menjadi lebih baik. Berikut 5 cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk mengingkatkan kualitas udara pada rumah Anda.

      1. Rutin service AC Anda
Seperti yang telah kita semua ketahui, fungsi dari AC untuk membuat suhu udara di dalam ruangan lebih sejuk. Setiap harinya, tentu ada debu dan udara kotor dari dalam ruangan yang terperangkap dan terus mengendap di dalam mesin AC tersebut. Tidak menutup kemungkinan terdapat juga virus, bakteri dan jamur yang ikut terperangkap dan tumbuh lalu berkembang karena kondisi lingkungan yang lembap. Tentu ini akan membuat kualitas dari udara yang dikeluarkan oleh AC menjadi tidak baik bahkan dapat membuat Anda menjadi rentan terhadap beberapa penyakit saluran pernafasan. Karenanya, Anda perlu rutin melakukan service AC untuk membersihkan mesin AC tersebut. AC yang bersih akan menghasilkan udara yang besih dan sejuk juga bagi ruangan Anda. Oleh karena itu, gunakanlah jasa service ac bogor yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Rutinlah menservice ac Anda minimal tiga bulan sekali.

      2. Hindari Asap Rokok
Asap rokok tak hanya mengandung karbon dioksida yang mengikat oksigen dalam udara, tetapi juga mengandung ratusan bahkan ribuan bahan berbahaya yang termasuk ke dalam kategori racun. Salah satunya adalah nikotin yang ternyata dapat menempel dalam jangka waktu yang lama di tembok rumah Anda dan menimbulkan dampak yang buruk pada kesehatan. Tentu saja, selain membuat nafas menjadi sesak, masih banyak risiko yang dapat ditimbulkan dari asap rokok. Bagi Anda perokok aktif, sebaiknya menghindari merokok dalam ruangan agar udara pada ruangan Anda tidak tercemar dan terkontaminasi dari asap rokok.

 3.    Tambahkan Tanaman
Menambahkan tanaman pada halaman rumah Anda atau menaruhnya di dalam ruangan, dapat meningkatkan kualitas udara di rumah Anda. Pasalnya, tanaman dapat menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen yang kita buthukan untuk bernafas. Tapi perlu Anda ketahui bahwa pada malam hari, tanaman melakukan sebaliknya yaitu menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Sebab itu, Anda perlu menghindari peletakkan tanaman di daerah kamar tidur. Pelajari beberapa jenis tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah, sebaiknya memilih tanaman yang memiliki kadar air tidak terlalu banyak sehingga perawatannya jauh lebih mudah. Selain itu, tanaman bisa juga digunakan sebagai pengharum ruangan alami. Seperti bunga melati, sereh, bunga lavender, dan lain-lain. Pilihlah tanaman yang perawatannya cukup mudah dan ukurannya tidak terlalu besar. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memindahkan tanaman sesuka hati Anda. Sekarang, rumah Anda pasti akan jadi jauh lebih sejuk dan asri.

      4Gunakan ventilasi
Ventilasi sangat berperan penting sebagai tempat sirkulasi udara di dalam rumah. Pastikan bahwa jumlah ventilasi sudah mencukupi untuk kebutuhan sirkulasi udara yang baik dalam rumah Anda. Pengaturan letak ventilasi yang tidak tepat dapat membuat sirkulasi dalam ruangann tidak bekerja dengan baik. Oleh sebab itu, ada baiknya diskusikan dengan arsitektur atau kontraktornya atau desain interior dalam meletakkan ventilasi yang baik pada ruangan Anda. Jika sudah terlanjur, untuk membantu sirkulasi agar berjalan baik dan lancar, Anda juga bisa menggunakan kipas angin atau exhaust fan untuk membuat sirkulasi udara pada ruangan Anda berjalan maksimal.

 5.    Pergunakan kolam berisi air
Beruntunglah Anda bila memiliki kolam yang berisi air, baik itu kolam renang maupun kolam ikan. Air dapat membantu menurunkan suhu udara di rumah Anda sehingga rumah akan terasa sejuk. Kolam renang tidak hanya memiliki fungsi sebagai sarana untuk olahraga renang saja atau penghias rumah Anda, namun secara tidak langsung bisa berperan untuk mengurangi panas di dalam rumah. Hal ini berlaku juga pada kolam ikan. Dengan adanya kolam ikan juga dipercaya mampu menurunkan kadar stress seseorang. Kehadiran dua kolam ini bisa membuat stress Anda hilang dan membuat rumah Anda sejuk. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Cari Informasi Rumah Murah Paling Tepat

Kini, banyak info rumah dijual di Medan atau rumah subsidi dengan harga terjangkau. Di tambah ada fasilitas kredit yang mudah dan cicilan ringan. Zaman sudah semakin canggih dan peredaran informasi begitu cepat, namun hingga kini masih banyak orang yang kerap kali tertinggal informasi seputar rumah dijual murah. Padahal saluran-saluran tentang informasi ini banyak tersedia. Memang tidak bisa dipungkiri, proses sosialisasi penjualan rumah dengan harga terjangkau tidak begitu gencar layaknya perumahan atau apartemen kelas atas yang miliki harga “selangit”. Tetapi ini bukan alasan untuk sulit mencari informasi terkait rumah murah ataupun rumah subsidi.
Ada banyak cara dan banyak tempat yang bisa digunakan untuk mendapatkan info mengenai perumahan yang dijual murah. Coba saja tip berikut ini:
Rajin-rajinlah ikut pameran properti Dari data yang ada, kebutuhan akan properti berbanding lurus dengan keinginan seseorang untuk miliki tempat tinggal. Angkanya terus meningkat dari hari ke hari. Tida…

Begini Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

Ingin tahu bagaimana cara menaikkan limit kartu kredit? Apapun kartu kredit yang Anda pakai, apakah itu kartu kredit Bukopin, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, Danamon, BCA, BRI, atau bank lainnya. Ya kebutuhan untuk menaikkan limit kartu kredit itu begitu terasa saat misalnya Anda tengah berbelanja, kemudian waktu mau melakukan pembayaran dengan kartu kredit ternyata limitnya sudah melebihi. Pasti menjengkelkan kan? Padahal dengan limit kartu kredit yang bertambah, bukan saja Anda bisa lebih leluasa saat mau melakukan pembayaran, tapi bisa juga mendapatkan keuntungan lain sepertii rewards kartu kredit yang lebih banyak dan bunga kartu kredit yang lebih rendah. Lalu, bagaimana cara menaikkan limit kartu kredit? Yang perlu Anda lakukan hanyalah ambil telepon dan kemudian hubungi pihak penerbit kartu kredit. Minta mereka untuk menaikkan limit kartu kredit Anda. Asalkan Anda tergolong pengguna kartu kredit yang punya reputasi baik, maka penerbit kartu kredit pun akan dengan segera mengabulkannya. T…