Langsung ke konten utama

Cara Mengontrol Belanja Buka Puasa dari Gaji & Pinjaman Dana Tunai

Masih sering merasa kesulitan mengontrol belanja buka puasa meski uang gaji bulanan sudah ditambah dengan pinjaman dana tunai? Hati-hati! Bisa jadi Anda terbiasa hidup konsumtif dan tanpa sadar telah menjadi seorang shopaholic. Kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan finansial Anda. Oleh karena itu, coba terapkan cara-cara berikut untuk mengontrolnya.

Buka Puasa dengan Menu Sederhana

Ingin menu buka puasa yang berbeda dengan makan malam di hari biasa merupakan hal yang sangat lumrah. Tapi, akan lebih baik jika Anda ikhlas dengan menu biasa. Karena, bukan hanya bujet buka puasa yang terkontrol, tapi juga kemampuan Anda dalam mengendalikan hawa nafsu sehingga bisa meningkatkan kualitas ibadah Anda di bulan puasa.
Jadi, kalau sudah ada daging ayam, Anda tidak perlu memasukkan anggaran untuk beli daging sapi atau ikan. Kalaupun ingin, cukup sesekali saat Anda belum beli daging ayam, ikan, tempe, atau lauk pauk lainnya yang bisa dijadikan sumber protein.
Lagipula, menu makanan utama saat berbuka yang paling sederhana sekalipun, seperti tempe goreng, ikan asin, sayur asam, dan sambal, akan terasa sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga tercinta. Tambahan lagi, dengan faktor menu sederhana ini saja, sangat banyak nilai hemat yang bisa Anda dapatkan.

Manfaatkan Menu Diskon di Luar

Cara kedua mengontrol pengeluaran untuk buka puasa dari uang gaji maupun pinjaman dana tunai adalah dengan memanfaatkan menu dengan harga promo dan diskon menarik. Entah untuk sedekah atau mengikuti euforia bulan puasa, banyak tempat makan yang menawarkan paket berbuka yang murah meriah.
Nah, manfaatkan hal-hal seperti ini untuk menekan bujet buka puasa Anda. Jadi, makan enak dan harga murah bisa Anda peroleh sekaligus. Apalagi jika Anda membawa seluruh anggota keluarga untuk makan di tempat promo ini.
Tentu akan semakin besar bujet berbuka puasa yang bisa Anda hemat. Tapi, pastikan untuk tetap menjaga waktu shalat Maghrib, Isya, Tarawih, dan tilawah meski berbuka puasa di luar. Karena, terlalu sering makan di luar kadang bikin lalai untuk ibadah tepat waktu di masjid.

Minimalisir Buka Bersama (Bukber)

Cara lain yang efektif dalam mengontrol belanja buka puasa adalah dengan meminimalisir keikutsertaan Anda dalam cara buka puasa bersama. Apalagi jika tempat makan yang diinisiasi teman Anda itu bukan yang mengadakan promo dan diskon, harganya sudah pasti mahal. Meskipun misalnya Anda ditraktir, sebaiknya ajak ke tempat yang lebih murah.
Selain itu, jika Anda termasuk orang yang supel dan humble, tentu banyak teman dan kenalan yang tidak segan mengajak Anda bukber. Coba bayangkan jika tetangga, teman Kober, TK, SD, SMP, SMA, kuliah, organisasi, pengajian, semuanya ngajak bukber. Sudah pasti sangat banyak waktu dan uang yang akan Anda keluarkan.
Selain itu, minimalisir juga waktu untuk jalan-jalan menjelang waktu berbuka, alias ngabuburit. Karena, kegiatan ini juga bisa menjadi pemicu perilaku konsumtif. Sekali dua kali mungkin tidak masalah, tapi jangan setiap hari. Lebih baik masak di rumah. Berkaitan dengan pinjaman dana tunai, Anda bisa mengajukannya ke Bank Amar di tunaiku.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Cari Informasi Rumah Murah Paling Tepat

Kini, banyak info rumah dijual di Medan atau rumah subsidi dengan harga terjangkau. Di tambah ada fasilitas kredit yang mudah dan cicilan ringan. Zaman sudah semakin canggih dan peredaran informasi begitu cepat, namun hingga kini masih banyak orang yang kerap kali tertinggal informasi seputar rumah dijual murah. Padahal saluran-saluran tentang informasi ini banyak tersedia. Memang tidak bisa dipungkiri, proses sosialisasi penjualan rumah dengan harga terjangkau tidak begitu gencar layaknya perumahan atau apartemen kelas atas yang miliki harga “selangit”. Tetapi ini bukan alasan untuk sulit mencari informasi terkait rumah murah ataupun rumah subsidi.
Ada banyak cara dan banyak tempat yang bisa digunakan untuk mendapatkan info mengenai perumahan yang dijual murah. Coba saja tip berikut ini:
Rajin-rajinlah ikut pameran properti Dari data yang ada, kebutuhan akan properti berbanding lurus dengan keinginan seseorang untuk miliki tempat tinggal. Angkanya terus meningkat dari hari ke hari. Tida…

Begini Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit

Ingin tahu bagaimana cara menaikkan limit kartu kredit? Apapun kartu kredit yang Anda pakai, apakah itu kartu kredit Bukopin, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, Danamon, BCA, BRI, atau bank lainnya. Ya kebutuhan untuk menaikkan limit kartu kredit itu begitu terasa saat misalnya Anda tengah berbelanja, kemudian waktu mau melakukan pembayaran dengan kartu kredit ternyata limitnya sudah melebihi. Pasti menjengkelkan kan? Padahal dengan limit kartu kredit yang bertambah, bukan saja Anda bisa lebih leluasa saat mau melakukan pembayaran, tapi bisa juga mendapatkan keuntungan lain sepertii rewards kartu kredit yang lebih banyak dan bunga kartu kredit yang lebih rendah. Lalu, bagaimana cara menaikkan limit kartu kredit? Yang perlu Anda lakukan hanyalah ambil telepon dan kemudian hubungi pihak penerbit kartu kredit. Minta mereka untuk menaikkan limit kartu kredit Anda. Asalkan Anda tergolong pengguna kartu kredit yang punya reputasi baik, maka penerbit kartu kredit pun akan dengan segera mengabulkannya. T…

5 Cara Ampuh Meningkatkan Kualitas Udara di Rumah

Pemanasan global yang terjadi di seluruh dunia membuat iklim atau cuaca jadi tidak menentu. Khususnya di indonesia sendiri, saat musim kemarau suhu akan meningkat menjadi sangat panas bahkan di beberapa daerah suhu naik hingga mencapai 42 derajat. Sedangkan saat di musim hujan bukannya udara dingin malah biasa aja. Iklim atau kondisi udara yang tidak menentu ini membuat kualitas udara yang ada di rumah kita ikut tak menentu. Oleh karena itu, Anda harus tahu bagaimana cara meningkatkan kualitas udara di rumah Anda agar bisa menjadi lebih baik. Berikut 5 cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk mengingkatkan kualitas udara pada rumah Anda.
      1. Rutin service AC Anda Seperti yang telah kita semua ketahui, fungsi dari AC untuk membuat suhu udara di dalam ruangan lebih sejuk. Setiap harinya, tentu ada debu dan udara kotor dari dalam ruangan yang terperangkap dan terus mengendap di dalam mesin AC tersebut. Tidak menutup kemungkinan terdapat juga virus, bakteri dan jamur yang ikut terpera…